Apakah itu LINUX?

Posted by Arie On 8:34 PM


Tahukah Anda apa itu Linux?

Linux adalah sistem operasi komputer mirip UNIX yang merupakan implementasi independen dari POSIX, meliputi true-multitasking, virtual-memory, shared-libraries, demand-loading, memory-management yang baik dan bersifat multiuser.

Pada awalnya Linux adalah proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvaldsdi Universitas Helsinki, Finlandia. Linus mendapatkan inspirasi dari sebuah sistem operasi kecil (yang merupakan turunan dari UNIX), yang dikenal dengan nama Minix.

Dengan bantuan para pakar UNIX dan programmer di Internet, Linux berkembang menjadi sistem operasi yang lengkap, kompleks, stabil, dan aman (secure).


Linux didistribusikan di bawah lisensi GNU General Public License. Ini artinya kita bisa mendapatkan source code Linux secara bebas. Linux memiliki banyak kelebihan sehingga banyak digunakan untuk komputer desktop maupun server.

Ada banyak perangkat lunak yang bisa dijalankan di sistem operasi Linux. Perangkat lunak tersebut ada yang free dan ada pula yang komersil. UntukOffice Suit kita bisa menggunakan software OpenOffice yang setara dengan Microsoft Office.

Untuk menggambar dan memanipulasi foto kita bisa menggunakan GIMP dan Inkscape yang tersedia secara bebas dan bisa kita download dari website-nya masing-masing. Masih banyak perangkat lunak lain yang bisa kita gunakan di Linux.

Saat ini banyak vendor software yang memporting aplikasinya agar bisa dijalankan di sistem operasi Linux. Ini semua merupakan bukti bahwa Linux mulai bisa diterima sebagai sistem operasi alternatif yang aman dan murah.

Sistem operasi Linux dapat dijalankan di hampir semua platform komputer, antara lain :

* Intel 80386/486/586/686 Pentium,
* AMD dan Cyrix
* Digital Alpha
* Sun SPARC
* Motorola 68K, Macintosh, PowerPC
* MIPS, dan masih banyak lagi yang lain.

Selain itu Linux juga bisa dipakai untuk perangkat keras selain komputer, misalnya mobile phone, PDA, handheld computer, smartphone, VOIP phone, peralatan audio/video, gateway, wireless access point, robot, dan masih banyak lagi yang lainnya.


0 Response to "Apakah itu LINUX?"

Post a Comment

Followers